Meningkatkan Cinta Lingkungan Dan Keterampilan Anak Panti Asuhan Melalui Pengolahan Barang Tidak Terpakai Di LIngkungan Sekitar

 MENINGKATKAN CINTA LINGKUNGAN DAN KETERAMPILAN ANAK PANTI ASUHAN MELALUI PENGOLAHAN BARANG TIDAK TERPAKAI DI LINGKUNGAN SEKITAR


Permasalah sampah di Indonesia bahkan di seluruh dunia semakin hari semakin banyaknya limbah sampah yang di hasilkan oleh masyarakat. dimana penggunaan sampah yang cukup meningkat menyebabkan loncakan sampan pada setiap harinya. Terutama pada sampah jenis plastik, dimasa sampah jenis ini sangatlah susah untuk di urai karena memerlukan bahyak waktu hingga membutuhkan ribuan tahun untuk dapat di urai oleh bumi.

Semakin banyak sampah yang ada dimana-mana membuat kenyamanan dan ekosistem lingkungan yang semakin terganggu, limbah sampah jika tidak ditangani dengan serius maka kerusakan ekosistem dan pencemaran lingkungan akan semakin mumburuk dan tempat hidup yang kumuh menjadi tempat hidup kuman-kuman sehingga embahayakan kesehatan kita.

Memburuknya kondisi ini disebabkan karena kurangnya tempat untuk pembuangan sampah dan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mengolah sampah dan membuang sampah sesuai jenis sampah.serta banyaknya penggunaan plastik atau tempat  sekali pakai dalam aktivitas sehari-hari. sehingga tingkat sampah semakin meningkat. namun, dalam pengolahan sampahnya kurang maksimal untuk dapat mengolah dan bijak dalam penggunaan sampah.

            Karena kami menyadari pentingnya peran masyarakat untuk membantu mewujudkan untuk mengurangi sampah dan mengolah sampah. Mahasiswa Universitas Pamulang Program Studi Ekonomi Akuntansi S1 melalui Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini. kami mengambil tema “Meningkatkan Cinta Lingkungan Dan Keterampilan Anak Panti Asuhan Melalui Pengolahan Barang Tidak Terpakai Di Lingkungan Sekitar”

dengan tujian untuk mensosialisasikan tentang cinta lingkungan terutama untuk dapat mengelola sampah yang tidak terpakai disekitar kita. untuk dapat mengurangi persamasalah sampah yang ada di sekitar kita.serta untuk dapat memanfaatkan barang tidak terbapaki menjadi barang bermanfaat melalui pembuatan celengan dari botol bekas. selain bisa menjadi salah satu  wujud belajar kreatif anak juga dapat meningkatkan produktifitas anak selama di rumah untuk mengisi waktu luang dengan hal-hal yang positif, dan dapat menambah wawasan mengenai pentingnya cinta lingkungan dan mengurangi sampah untuk wujud cita lingkungan dan menjaga kelestarian lingkungan di anak-anak Yayasan panti asrama cerdas.

 

 

Definisi Cinta lingkungan   

            Cinta Lingkungan Merupakan wujud sikap kita akan rasa cinta atau saying terhadap lingkungan hidup di sekitarnya.

Menurut Lilis Endang Sunarsih dalam buku Penganggulanan Limbah(2018), orang yang memiliki sikap cinta lingkungan akan melakukan sesuatu demi menjaga lingkunganya.

Sikap cinta lingkungan bisa diwujudkan kewat perbuatan atau aktivitas yang mendukung kelestarian, dan bukanya merusak lingkungan. sikap ini hendaknya ditumbuhkan dalam diri setiap manusia dan diterpakan dalam kehidupan sehari-hari.

cara mencintai lingkungan yaitu dengan sikap kita untuk senantiasa menjaga, merawat, melestarikan flora dan fauna, serta  kekayaan alam lainnya. cinta lingkungan sendiri bisa dimulai dari diri kita sendiri dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan membiarkan rusak atau mengotori lingkungan sekitar dengan sampah.

 

Contoh Cinta Lingkungan

            berikut sikap atau perilaku kita yang mencerminkan cinta lingkungan :

1.      Menghemat penggunan air

            pada hal ini menghemat penggunaan air dini artinya menggunakan air dengan bijak

yaitu dengan menggunakan air untuk hal-hal yang bermanfaat dan tidak berlebihan

contoh : memastikan kran air sudah tertutup setelah digunakan sehingga tidak terbuang secara cua-Cuma.

2.      Menanam pohon dilingkungan tempat tinggall

mencintai lingkungan dengan menanam pohon merupakan wujud sikap kita untuk melestarikan lingkungan agar lingkungan kita tetap asri dan lestari sehingga asupan oksigen kita tercukupi.

3.      Merawat pohon atau tanaman setiap hari

merawat pohon ini bisa dilakukan dengan memberikan pupuk dan menyirami setiap hari sehingga tumbuhan tetep hidup dan dapat berkembangan dengan baik. sehingga lingkuan kita menjadi lebih asri.

4.      Membuang sampah pada tempatnya

agar lingkungan tetep bersih serta tidak kumuh, membuang sampah pada tempatnya merupakan hal sangat penting karena dapat membuat lingkungan kita menjadi lebih bersih karena lingkungan yang kotor tidak sehat untuk tubuh kita. selain itu bukan hanya buang sampah pada tempatya saj. namun,sampah yang kita buang harus di pilah sesuai dengan jenis sampahnya masing-masing sehingga dapat mempermudah dalam proses pembungan dan pendaur ulangan sampah yang dapat dipakai kembali.

 

Manfaat cinta lingkungan

Berikut manfaat cinta lingkungan, antara lain :

1.      Terhindar dari penyakit DBD atau demam berdarah yang disebabakan oleh lingkungan yang tidak sehat atau kotor

2.      Bebad dari polusi udara

3.      Lebih tenang dan nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari

4.      Air menjadi lebih bersih sehingga aman untuk dikonsumsi dan di gunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Tips dan trik menjaga cinta lingkungan

dimulai dari diri sendiri untuk dapat memberikan contoh kepada masyarakat bagaimana cara cinta lingkungan.

1.      melakukan sosialisasi dan mengajak para pemuda untuk ikut serta menjaga lingkungan

2.      perbanyak tempat sampah disekitar lingkungan kita

3.      melibatkan took masyarkat yang berpengaruh untuk memberikan pengarahan tentang pentingnya menjaga lingkungan

4.      pelajari tentang teknologi pembuatan kompis dari sampah organic

5.      kreatif, dengan membuat kerajinan dari sampah yang tidak terpakai di sekitar kita terutama sampah plastic yang sulit untuk di urai.

 

 Pengolahan Sampah dengan bijak

Jenis-Jenis Sampah

            sampah adalah sisa buangan dari suatu produk atau barang yang sudah yidak digunakan lagi. tetap masih dapat didaur ulang kembali menjadi barang yang bernilai.   

sampah tersebut timbul karena adanya aktivtas  kelangsungan hidup manusia melakukan berbagai macam aktivitas sperti makan,minum, mencuci, dll. setiap aktivitas tersebut akan menghasilkan sisa-saisa tertentu.

untuk mempermudah dalam mendaur ulang sampah, maka kita harus memisahkan sampah sesuai dengan jenisnya

berikut jenis-jenis sampah secara umum :

1.      Sampah Basah (Organik)

            sampah organi merupakan sampah yang terdiri dari bahan-bahan organis. dimana sifat sampah organic tidak tahan lama dan cepat membusuk.

biasanya jenis sampah ini di hasilkan dari sisa dapur rumah tangga seperti sisa makanan, sayuran, buah-buahan.

sampah organik ini akan menimbulkan bau tidak sedak jika tidak diolah dengan baik namun, sampah jenis ini sangat mudah untuk diurai oleh mikroorganisme dalam tanah.

 

2.      Samah padat (Anorgani)

sampah angoranik merupakan sampah jenis sampah yang susah untuk diurai oleh mikroorganisme didalam tanah karena jenis sampah ini sukar membusuk dn tahan lama.

jenis sampah ini berupa bahan logam, plastik, kaca dan kaleng.

karena jenis sampah ini sukar untuk dioleh jenis sampah ini yang sangat mudah menimbulkan pencemaran tanah, sehingga perlu adanya penangan khusus, seperiti dibuat kerajian atau didaur ulang untuk menjadi barang baru yang lebih memiliki nilai ekonomin.

 

Pengolahan Sampah dengan bijak

            Kerusakan lingkungan dapat terjadi karena kurangnya cinta lingkungan seperti tidak merawat ekosistem, dam membiarkan membuang samah semabarangan menambah kerusakan lingkungan terutama pencemaran tanah dan air.

oleh karena itu peerapan pengelolahan dan penggunaan sampah yang bijak sangat membantu kelestarian lingkungan sekitar kita,

penerapan sampah dengan konsep 3R merupakan solusi bijak untuk mejaga kelestarian lingkungan sekitar dengan mudah.

penerapan 3R dapat diterapakan.oleh siapa saja setiap hari, kosep 3R ini meliputi :

1.      REDUCE (Mengurangi)

            pada konsep reduce ini memiliki arti bahwa kita harus mengurangi pemakian dari bahan-bahan yang dapat merusak lingkungan atau memperbanyak konstribusi sampah.

contoh menggunakan tissue dan kegiatan penggunakan kertas yang berlebih karena dengan menggunakan kertas dan berlebih akan semakin banyak pohon yang di tebak untuk membuat kertas. untuk menghidari hal tersebut bisa cek telebih dahulu dengan print preview agar tetap menghemat kertas saat print, dan menggunakan tas belanjar untuk tidak menyumbangakan sampah plastik.

2.      REUSE (Memakai Kembali)

            pada konsep ini memiliki arti untuk menggunakan barang-barang yang dapat di pakai berkali-kali, atau memberikan barang yang sekiranya barang yang sudah kita perlukan bisa di sumbangkan ke orang yang memerlukan jangan langsung di buang.karena barang tersebut sebenarnya masih dipakai lagi. sehingga dapat membuat pengurangan sampah yang semakin meningkat.

3.      RECYCLE (Daur Ulang)

            Pada konsep recycle ini memiliki arti untuk kita dapat mendaur ulang sampah menjadi barang baru dengan memiliki nilai manfaat dan ekonomin yang lebih layak.

misalnya mengolah kembali sampah organik dengan membuat kompos, dan membuat kerajinan dari barang-barang bekas yang tidak terpakai di sekitar kita.

 

Penerapan 3R

            Pada Kegiatan PKM ini kelompok kami memberikan sosialisasi tentang bagimana cara menerapkan 3R dalam kehidupan sehari-hari dan melatih kreativfitas anak panti asuhan di Yayasan asrama cerdas dengan membuat celengan dari barang bekas di sekitar kita seperti botol plastik yang di jadikan celengan. dengan botol plastik bekas. yaitu sebagai salah satu cara untuk mendaur ulang sampah.

 

 penulis:

1.      Rananda Septanta S.E.I,M.Ak    

2.      Siti Mafiroh

3.      Felixo Yofanda Widayatama

4.      Susilo Anuri Putra

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini